Selasa, 07 Maret 2017

Pengalaman Membangun Komunikasi

Berkomunikasi merupakan makanan wajib bagi seseorang yang menapakan kaki di muka bumi ini, tidak hanya seseorang atau manusia, hewan pun memerlukan komunikasi dengan hewan lain.
Komunikasi nampaknya menjadi penting ketika seseorang yang bekerja dalam ranah sosial atau bekerja dengan sering berbicara, seperti konsultan, mtivator, pengacara dll.
Dalam memulai hubungan tentunya tidak terlepas dari komunikasi awal yang hangat bukan, ? karena tujuan dari pada komunikasi selain menyampaikan pesan, diharapkan dapat timbul dampak atau feed back dari komunikasi yang dilakukan seperti terjadinya hubungan antara komunikator dan komunikan walaupun mereka baru saja berkenlan.
Pengalaman penulis saat mencoba membangun komunikasi sangatlah banyak, penulis yang berasal dari Desa Penggarit Kabupaten Pemalang Jawa Tengah ini, dapat digolongkan orang yang memiliki kepribadian ganda yaitu introvert dan ekstrovert, mengapa bisa demikian ?? Penulis lebih sering membangun komunikasi dengan lawan bicara yang baru dikenalnya dengan apa adanya tanpa menggunakan komunikasi yang blak-blakan, setelah penulis menganalisis siapa lawan bicaranya, maka penulis baru akan sikap ekstrovertnya  seperti, mengeksplore informasi apa saja dari lawan bicara dan sebagainya begitupun sebalknya.
Pengalaman yang membekas dibenak penulis yaitu, saat penulis mengikuti Masa Ta'aruf Fakultas Pertanian Universitas Muhhamadiyah Yogyakarta, disanalah penulis menemukan berbagai jenis manusia dengan asal yang berbeda-beda. dalam membangun komunikasi diantara Mahasiswa Baru, penulis mencoba menutupi sikap introvertnya, hal ini dilakukan agar citra penulis didepan lawan bicara dianggap orang yang hangat dan friendly. hal ini cukup efektif dan banyak menjaring teman. 
Pelajaran yang didapat adalah walaupun kita seseorang yang pemalu dan introvert jika ingin menumukan relasi maka, hukumlah diri kita dengan tidak apatis di lingkungan masyarakat sekitar.
Sekian pengalaman penulis mengenai menjalin komunikasi dengan orang baru, semoga sedikit tips diatas dapat menjadikan kita orang yang penuh dengan relasi karena jika kita terus malu dan menutup diri hal tersebut tidak akan pernah kita dapat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar